Jumat, 23 Januari 2015

MODEL PROGRAM LINIER | HIKMAH HANA YULIANA | STMIK INDONESIA

MODEL PROGRAM LINIER

Ada tiga tahap dalam menggunakan teknik Program Linier.

  • Tahap 1: Masalah harus dapat diidentifikasi sebagai sesuatu yang dapat diselesaikan dengan Program Linier.
  • Tahap 2: Masalah yang tidak terstruktur harus dapat dirumuskan dalam model matematika.
  • Tahap 3: Model harus diselesaikan dengan model matematika yang telah dibuat.


Teknik Program Linier menggambarkan bahwa:
  1. Hubungan fungsi linier dalam model matematika adalah LINIER.
  2. Teknik pemecahan masalah terdiri dari langkah-langakah matematika yang telah ditetapkan (disebut program)

Langkah-Langkah Perumusan Model Pemrograman Linear
  1. Menentukan variabel-variabel keputusan
  2. Merumuskan Fungsi Tujuan
  3. Merumuskan Batasan-Batasan


Contoh :

Model Pemasaran
  • Perusahaan menganggarkan $8.000 per minggu untuk iklan pada 4 media: TV, Koran, Radio di Ibu kota, dan Radio di beberapa kota besar lainnya. Jangkauan iklan, biaya, dan batasan maksimum periklanan pada keempat media disajikan pada tabel berikut.  Perusahaan menetapkan beberapa rancangan :

                                i.  Minimal ada 5 spot iklan di radio
                                ii. Tidak lebih dari $1.800 dana dialokasikan pada
                                                            media radio.
         Perusahaan menginginkan jangkauan audience sebanyak-banyaknya melalui berbagai media iklan.

             Buat model matematisnya dan cari solusi optimalnya ?

Media
Daya jangkau (orang)
Biaya per iklan ($)
Iklan Maksimum per Minggu
TV (per mnt)
5.000
800
12
Koran (per halaman)
8.500
925
5
Radio 1 (per 30 detik)
2.400
190
25
Radio 2 (per mnt)
2.800
380
20

Formulasi Model Pemasaran

  • Variabel keputusan :

                X1 = lamanya iklan lewat TV (menit)
                X2 = banyaknya iklan lewat koran (halaman)
                X3 = lamanya iklan lewat radio Ibu-Kota (per 30 detikdetik)
                X4 = lamanya iklan lewat radio di beberapa kota besar (per menit)

  • Fungsi tujuan :
maksimumkan Z = 5000X1 + 8500X2 + 2400X3 + 2800X4
                Z : jangkauan audience (orang)

  • Berdasarkan kendala :

        800X1 + 925X2 + 190X3 + 380X4   £  8000  ®  dana yg dianggarkan
              X1            £  12  ® iklan TV maksimum/ minggu
              X2            £   5  ® iklan koran  maks/minggu
              X3            £  25  ® maksimum iklan radio Ibukota/minggu
              X4            £  20  ® maksimum iklan radio dibeberapa kota besar
                    X3 + X4              ³   5  ® jumlah iklan radio
                   190X3 + 380X4   £  1800  ® alokasi biaya maks. Iklan radio
                X1, X2, X3, X4 ³ 0

Solusi Model Pemasaran
  • Solusi menggunakan software POM for Windows,

diperoleh :
                X1 = 2 (dibulatkan), X2 = 5, X3 = 9, X4 = 0, dan Z = 74100 (dibulatkan)

Artinya perusahaan harus mengiklankan usahanya setiap minggunya di TV selama 2 kali (masing2 1 menit), di koran 5 kali dalam seminggu (masing2 1 halaman), di radio Ibu-kota 9 kali dalam seminggu (masing2 selama 30 detik), tidak perlu mengiklankan lewat radio di kota2 besar, agar diperoleh jangkauan audience yang maksimal sebesar 74100. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ok.. Terima Kasih atas Postingnya !!!.....

Posting Komentar