MODEL PROGRAM LINIER
Ada tiga tahap dalam menggunakan teknik Program Linier.
- Tahap 1: Masalah harus dapat diidentifikasi sebagai sesuatu yang dapat diselesaikan dengan Program Linier.
- Tahap 2: Masalah yang tidak terstruktur harus dapat dirumuskan dalam model matematika.
- Tahap 3: Model harus diselesaikan dengan model matematika yang telah dibuat.
Teknik Program Linier menggambarkan bahwa:
- Hubungan fungsi linier dalam model matematika adalah LINIER.
- Teknik pemecahan masalah terdiri dari langkah-langakah matematika yang telah ditetapkan (disebut program)
Langkah-Langkah
Perumusan Model Pemrograman Linear
- Menentukan variabel-variabel keputusan
- Merumuskan Fungsi Tujuan
- Merumuskan Batasan-Batasan
Contoh :
Model Pemasaran
- Perusahaan menganggarkan $8.000 per minggu untuk iklan pada 4 media: TV, Koran, Radio di Ibu kota, dan Radio di beberapa kota besar lainnya. Jangkauan iklan, biaya, dan batasan maksimum periklanan pada keempat media disajikan pada tabel berikut. Perusahaan menetapkan beberapa rancangan :
i. Minimal ada 5 spot iklan di radio
ii.
Tidak lebih dari $1.800 dana dialokasikan pada
media radio.
Perusahaan
menginginkan jangkauan audience sebanyak-banyaknya melalui berbagai media iklan.
Buat model matematisnya dan cari solusi optimalnya ?
Media
|
Daya jangkau (orang)
|
Biaya per iklan ($)
|
Iklan Maksimum per Minggu
|
TV (per mnt)
|
5.000
|
800
|
12
|
Koran (per halaman)
|
8.500
|
925
|
5
|
Radio 1 (per 30 detik)
|
2.400
|
190
|
25
|
Radio 2 (per mnt)
|
2.800
|
380
|
20
|
Formulasi Model Pemasaran
- Variabel keputusan :
X1 =
lamanya iklan lewat TV (menit)
X2 =
banyaknya iklan lewat koran (halaman)
X3 =
lamanya iklan lewat radio Ibu-Kota (per 30 detikdetik)
X4 =
lamanya iklan lewat radio di beberapa kota besar (per menit)
- Fungsi tujuan :
Z :
jangkauan audience (orang)
- Berdasarkan kendala :
800X1 +
925X2 + 190X3 + 380X4 £ 8000 ® dana yg dianggarkan
X1 £ 12 ® iklan TV maksimum/ minggu
X2 £ 5 ® iklan koran maks/minggu
X3 £ 25 ® maksimum iklan radio Ibukota/minggu
X4 £ 20 ® maksimum iklan radio dibeberapa
kota besar
X3 + X4 ³ 5 ® jumlah iklan radio
190X3
+ 380X4 £ 1800 ® alokasi biaya maks. Iklan radio
X1, X2,
X3, X4 ³ 0
Solusi Model Pemasaran
- Solusi menggunakan software POM for Windows,
diperoleh :
X1 = 2
(dibulatkan), X2 = 5, X3 = 9, X4 = 0, dan Z = 74100 (dibulatkan)
Artinya perusahaan harus mengiklankan usahanya setiap
minggunya di TV selama 2 kali (masing2 1 menit), di koran 5 kali dalam seminggu
(masing2 1 halaman), di radio Ibu-kota 9 kali dalam seminggu (masing2 selama 30
detik), tidak perlu mengiklankan lewat radio di kota2 besar, agar diperoleh
jangkauan audience yang maksimal sebesar 74100.
1 komentar:
Ok.. Terima Kasih atas Postingnya !!!.....
Posting Komentar